Pilkada Kabupaten Mojokerto 2020, Bawaslu: ASN Harus Netral

Home / Berita / Pilkada Kabupaten Mojokerto 2020, Bawaslu: ASN Harus Netral
Pilkada Kabupaten Mojokerto 2020, Bawaslu: ASN Harus Netral Ilustrasi ASN. (dok/TI)

TIMESMOJOKERTO, MOJOKERTO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mojokerto meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak terlibat politik praktis saat momen pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tersebut. Menyusul, tahun 2020 ini, Kabupaten Mojokerto bakal menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada Kabupaten Mojokerto 2020).

Bawaslu telah mewanti lewat surat bernomor 003/K.JI-15/PM.00.02/I/2020, terkait ASN harus netral dan tak terlibat aktif dalam kegiatan politik. Imbauan atas netralitas PNS tersebut sudah disebar ke seluruh OPD di Kabupaten Mojokerto.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Mojokerto, Afidatusolikha mengatakan, pihaknya memiliki kewajiban melakukan pengawasan terhadap potensi pelanggaran yang dilakukan ASN maupun TNI/Polri. ’’ASN, TNI, Polri harusnya netral,’’ katanya

Netralitas ASN tak hanya usai tahapan penetapan calon oleh KPU saja, akan tetapi, lanjut dia, juga saat pra penetapan. Jika nantinya ditemukan ASN yang tak netral, maka Bawaslu akan melakukan kajian hingga memunculkan rekomendasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

’’Bawaslu akan membuat kajian dugaan pelanggaran. Kemudian berkirim surat ke KASN, dan menyampaikan hasil kajian Bawaslu. Dan, soal sanksi, KASN yang akan menjatuhkan. Termasuk jenis sanksinya,’’ jelasnya.

Sedangkan bagi ASN yang melakukan pelanggaran saat momen kampanye berlangsung, maka melanggar undang-undang pilkada dan bisa ditangani langsung oleh Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu).

Oleh karena itu, dia berharap, agar tidak ada ASN yang melakukan pelanggaran saat Pilkada Kabupaten Mojokerto 2020. ’’Prinsipnya, Bawaslu ingin kondusif. Hanya saja, kalau ada pelanggaran, aturan tetap akan kita tegakkan,’’ ujarnya. ASN juga harus memperhatikan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com