Dika Ada Band Ciptakan Seni Olahraga Yogamarta Asli Nusantara

Home / Gaya Hidup / Dika Ada Band Ciptakan Seni Olahraga Yogamarta Asli Nusantara
Dika Ada Band Ciptakan Seni Olahraga Yogamarta Asli Nusantara Dika dan Naga Lyla mempraktikkan gerakan kuda-kuda Yogamarta, Jumat (17/1/2020).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESMOJOKERTO, SURABAYA – Musisi beken Dika Ada Band menciptakan Yogamarta. Sebuah seni gerakan tubuh perpaduan antara silat, tari dan seni lain yang terinspirasi dari raja-raja Nusantara. 

Saat melaunching program Yogamarta perdana di Kota Surabaya, Dika didampingi rekan musisi sesama penghobi olahraga, Naga Lyla. Keduanya terbilang aktif dalam giat olahraga terutama sejak Dika mengenalkan Yogamarta. 

Menurut Dika , Yogamarta memiliki manfaat memperbaiki imun sekaligus penyembuhan. Secara filosofis, yoga adalah penyatuan dengan alam. Sedangkan Yogamarta berasal dari kata amarta yang memiliki arti air kehidupan karena 70 persen tubuh manusia terdiri dari air.

Doni-Ada-band-a.jpg

"Yogamarta merupakan seni olah tubuh dan pernafasan bersifat self healing. Gerakan-gerakan ini sudah dilakukan dari zaman dahulu kala," kata Dika di Resto Nine, Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya, Jumat (17/1/2020). 

Pria berumur 47 tahun ini mengadopsi warisan leluhur dalam setiap gerakan indah nan lentur. Seperti paduan silat dan tari. Bahkan Dika melakukan riset cukup lama selama delapan tahun. 

Ia mempelajari literatur silat Nusantara. Mulai era Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Singosari di Malang serta gemulai tarian khas Jawa. Perpaduan ini menghasilkan teknik kuda-kuda dengan gerakan lentur dan kuat.

Doni-Ada-band-b.jpg

"Saya sudah riset, mempelajari dan memperdalam ini memang diciptakan raja zaman dahulu," sambungnya. 

Yogamarta merupakan gabungan olah tubuh dengan olah pernafasan. Manfaat utamanya sangat dahsyat. Memiliki beberapa tingkatan level dan dapat diikuti semua orang mulai usia 6-60 tahun. Dari level basic yang dapat diterapkan sehari-hari sampai level advanced di mana seseorang mempunyai kemampuan self healing

"Budaya timur sendiri memiliki kelebihan mengobati diri sendiri dan orang lain," tandasnya. 

Sikap kuda-kuda dalam Yogamarta juga bisa memperkuat rahim bagi wanita dan meningkatkan vitalitas bagi pria. Seperti gerakan menahan nafas teratur dan konstruksi untuk meningkatkan  metabolisme dan membakar penyakit. 

Dengan mengikuti Yogamarta, kondisi tubuh akan lebih fresh seperti terlahir kembali. 

Tubuh makin sehat dan bugar. Setelah aktif mengikuti Yogamarta, Anda juga bisa menikmati makanan sepuasnya atau beraktifitas menyalurkan hobi yang disukai tanpa memberikan efek buruk bagi kesehatan. 

Bagi yang ragu melakukan aktivitas high impact bisa melakukan yogamarta secara teratur untuk mencegah cidera. 

Dalam kesempatan tersebut, Naga menjelaskan, olahraga ini sangat bermanfaat bagi dirinya. 

"Saya suka boxing, tinju, dan setelah coba Yogamarta setiap gerakan detail benar-benar efektif," kata Lyla. 

Jika biasanya ia lari di treadmill selama satu jam menghabiskan 500-600 kalori, dengan Yogamarta cukup setengah jam bisa membakar kalori yang sama. 

Namun, ia menyarankan saat melakukan Yogamarta mengosongkan perut terlebih dahulu agar pembakarannya sempurna. (*) 

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com