Liputan Khusus Akhir Tahun 2019 Probolinggo

Air Terjun Jaran Goyang, Destinasi Wisata Terbaik di Probolinggo

Home / Wisata / Air Terjun Jaran Goyang, Destinasi Wisata Terbaik di Probolinggo
Air Terjun Jaran Goyang, Destinasi Wisata Terbaik di Probolinggo Air Terjun Jaran Goyang di Desa Guyangan, Krucil, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Hasyim for TIMES Indonesia)

TIMESMOJOKERTO, PROBOLINGGO – Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, punya banyak destinasi wisata. Salah satunya, Air Terjun Jaran Goyang di Desa Guyangan, Kecamatan Krucil. Di Probolinggo, ia merupakan destinasi wisata terbaik di ajang One Village One Destination (OVOD) yang digelar pemkab setempat.

Dalam sepekan, tak kurang dari 700 pengunjung datang menikmati keindahan air terjun setinggo 70-80 meter ini, dengan segala fasilitas yang tersedia. Ada kolam ikan dan kolam renang, hingga gazebo untuk bersantai.

Kehadiran taman 99 dengan aneka bunga dan buah lokal di pintu masuk menuju air terjun, membuat Air Terjun Jarang Goyang begitu instagramable. Tak heran bila banyak pengunjung berswafoto (selfie), lalu ramai-ramai mengunggahnya di medsos. 

Air-Terjun-Jaran-Goyang-2.jpg

Untuk oleh-oleh, kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Guyangan yang mengelola wisata Air Terjun Guyangan, menyediakan kebun sayur mayur. "Sekalian wisata dapur," kata Kepala Desa Guyangan, Hasyim, kepada TIMES Indonesia.

Air Terjun Jaran Goyang berjarak 35 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Probolinggo di Kota Kraksaan. Untuk sampai ke sana, perlu waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan mengendarai mobil atau motor pribadi.

Air-Terjun-Jaran-Goyang-3.jpg

Alternatif lainnya, dengan menggunakan jasa ojek atau angkutan pedesaan (angdes) yang banyak ditemui di simpang tiga Pajarakan. Jika datang bersama rombongan, wisatawan bisa menghubungi pengelola terlebih dulu.

Wisata Air Terjun Jaran Goyang menggeliat sejak 2016, ketika pemerintah desa setempat membenahi akses jalan menuju lokasi air terjun. Sejak saat itu, panorama air terjun yang berhulu di Gunung Argopuro ini tak hanya bisa dinikmati para petualang atau pecinta alam.

Air-Terjun-Jaran-Goyang-4.jpg

Semua bisa datang dan menikmati keindagan dan kesegarannya. Apalagi setelah Pemkab Probolinggo juga terlibat dalam pembenahan infrastruktur wisata dan sana, berikut dengan promosinya. Seperti membangun jembatan dan jalan setapak.

Berapa tiket masuk ke wisata Air Terjun Jaran Goyang? "Sekarang masih gratis," kata Hasyim. Menurutnya, wisata ini akan dilucurkan 7 Desember 2019, untuk menyambut libur natal 2019 dan tahun baru 2020.

Setelah menikmati air terjun, pengunjung bisa menyeruput kopi organik di Desa Watupanjang, sekitar 7,3 kilometer dari wisata Air Terjun Jaran Goyang. Atau ke Eco Park dan rumah susu di Desa Bermi yang hanya 8,1 kilometer. Semuanya di Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo. (*)

Pewarta : Muhammad Iqbal
Editor : 
 

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com